0
Mayoritas penduduk di sejumlah wilayah di Indonesia saat ini sudah memperoleh e-KTP dimana tahap pembuatannya secara bersamaan. Namun apakah nomor induk kependudukan anda saat ini telah dimasukkan dalam database kependudukan nasional? Untuk mengeceknya anda dapat memakai cara cek e-KTP online untuk memastikan bahwa Identitas Kependudukan anda sudah masuk. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Akses website Pemerintah Daerah maupun dinas terkait misalnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil). Sebab kedua instansi tersebut lah yang berkaitan langsung dengan Kementerian Dalam Negeri. Misalnya website resmi Humas Pemerintah Daerah Kota Batam, di website mereka ada fitur download status e-KTP lengkap bagi seluruh kecamatan seluruh Kota Batam. Download saja pilihan yang sudah tersedia selanjutnya tekan Ctrl-F guna memasukkan nama dan alamat. Selanjutnya akan keluar status data pribadi, sudah teregistrasi pada sistem e-KTP atau belum.
  2. Cara cek yang kedua adalah memakai card Reader e-KTP. Alat ini tak memakai perangkat komputer dengan begitu lebih gampang dan cepat. Kegunaan Card reader tersebut adalah membaca chip e-KTP. Menteri Dalam Negeri baru-baru ini menguji-coba saat berlangsung sebuah seminar tentang Pemanfaatan e-KTP dan Card Reader untuk Publik. Akan tetapi perangkat itu cuma akan difungsikan pada instansi terkait saja misalnya Dispendukcapil. Cukup disayangkan bahwa pemerintah tak membuat website tersendiri untuk membuka e-KTP secara online. Cara cek e-KTP online tak mudah untuk dibuka oleh rakyat secara langsung. Cuma instansi berwenang yang menerbitkan e-KTP yang memperoleh akses membuka e-KTP. Boleh jadi hal tersebut dianggap sebagai dokumen penting dan baru-baru saja pengaplikasiannya sehingga masih memerlukan tahap lanjutan untuk memperoleh hasil yang optimal.
  3. Untuk Cara yang ketiga sangatlah mudah anda bisa langsung mengunjungi Alamat Website berikut http://ektp.cektkp.com/ dan mengisi data- data pada kolom yang sudah disediakan.
Itulah beberapa cara cek e-KTP yang bisa anda coba melalui Internet, meskipun caranya tidak mudah untuk diakses masyarakat tapi dengan artikel ini mudah-mudahan sobat bisa terbantu.

Post a Comment

Dear readers, after reading the Content please ask for advice and to provide constructive feedback Please Write Relevant Comment with Polite Language.Your comments inspired me to continue blogging. Your opinion much more valuable to me. Thank you.